Jumat, 03 Mei 2013

Cita Tunas Bangsa



(mungkin untuk sebagian orang puisi perjuangan itu membosankan, tapi coba deh baca puisi yg satu ini, lalu resapi dan renungkan. Maka kau akan mendapat suatu pencerahan yg tak terduga. silakan mencoba) 
:)
  
Aku seorang pemuda
Kata Bapak Soekarno sih, pemuda itu bisa mengubah dunia
Apa iya sih?
Inilah yang membuat aku ingin membuktikannya
Dengan keyakinan penuh, aku mencoba mengubah dunia
Tapi kok terasa sulit ya?
Lalu aku mencoba untuk mengubah negaraku
Kok lebih sulit ya?
Akupun mencoba memperkecil jangkauan
Dengan mengubah sekitar tempat tinggal daerahku
Huh! Ternyata sulit juga
Dan akhirnya kali ini aku mencoba ruang lingkup yang paling kecil
Aku hanya berharap dapat mengubah keluarga dan kerabat dekatku sendiri
Namun ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan
Kini di penghujung usia, di tengah keputusasaaan, baru terfikir olehku
Seharusnya yang aku lakukan pertama kali adalah mengubah diriku sendiri
Dengan begitu aku bisa menjadi panutan bagi keluargaku
Lalu bisa mengubah lingkungan tempat tinggalku
Dan tidak menutup kemungkinan aku bisa mengubah negara ini
Bahkan mungkin aku bisa mengubah dunia

Tapi kini semua sudah terlambat
Ya, sudah sangat terlambat
Waktu sudah menusuk ngilu ujung-ujung persendian
Jiwaku sudah terlalau lelah tergerus tuanya usiaku saat ini
Bibirku sudah kelu, kaku, bahkan bisu
Untuk mengucapkan ikrar kesetiaan pada negara

Tapi aku ingat bung
Padang-padang akan menjadi terang
Karena ada janji yang kan datang
Gelapnya malampun akan sirna dengan indahnya sinar pagi
Karena semuanya memang belum berakhir
Berjuta tunas muda masih subur berkembang
Menjadi harapan baru
Berjuang, bergerak dengan gegas
Serempak membuat gerakan perubahan
Perubahan untuk Indonesia yang lebih baik

Siapa tunas muda itu?
Siapa?
Kau nak, Kau adalah pemuda yang di impi-impikan Bapak Soekarno
Sebelum ragamu lunglai
Persembahkan sejuta dedikasi
Untuk sang ibu pertiwi
Ingat nak
Indonesia ibarat ragamu
Rubah Indonesia menjadi Indonesia yang lebih baik.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar