Jumat, 03 Mei 2013

TIPS BERMANFAAT NIH :))


Tips ini saya dapatkan dr sebuah website, dan sekarang saya ingin sharing kepada yang lain :)
Awal cerita saya menemukan tips ini adalah saat saya sedang berfikir bagaimana caranya agar mama tidak perlu sering membeli sayur matang di luar karena kesibukan mengurus usaha salonnya.
Ayah juga tidak suka jika melulu harus menikmati sayur dari rumah makan karena kita kan tidak tahu bahan dan cara pengolahannya, pada saat itulah tercetus ide untuk menyediakan bumbu giling siap pakai di kulkas, yg praktis untuk dipakai kapan saja, tentu saja bumbunya membuat sendiri agar terjamin kualitasnya. 

Berikut langkah-langkah untuk membuat bumbu giling, silakan di coba :))
  1. pilih bahan segar dengan kualitas prima dan dalam kondisi sesegar mungkin untuk mendapatkan rasa dan aroma terbaik
  2. hindari bahan yang telah mulai membusuk atau cacat
  3. kupas dan cuci bersih lalu angin2kan sampai kering
  4. blender dengan air matang seperlunya saja
  5. panaskan di wajan dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga kandungan airnya hampir habis, matikan api dan biarkan hingga uap panasnya berkurang
  6. siap disimpan di kulkas

Apa Saja?
Apa saja yang bisa diolah jadi bumbu giling? Apa saja! Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri dll.

Cara pakai?
Semudah memakai bumbu giling instan :) Panaskan minyak, masukkan beberapa sendok teh atau sendok makan masing-masing bumbu giling sesuai komposisi resep, tambahkan rempah wangi bila diperlukan (daun jeruk, daun salam, kayumanis dll), tumis hingga wangi dan matang, lanjutkan memasak sesuai proses masing-masing resep. Mudah kan?

Penyimpanan dan Daya Tahan
Bagi setiap jenis menjadi beberapa bagian, transfer satu bagian ke wadah plastik atau kaca yang bersih, kering dan bisa ditutup rapat, simpan di chiller. Bila kulkas bekerja dengan baik dan sirkulasinya bagus (tidak terlalu penuh sesak) ini akan bisa bertahan hingga dua minggu. Selalu gunakan sendok kering untuk mengambilnya dan tutup rapat kembali.
Sisa bagian yang lain disimpan di kantung plastik kecil2 dan bekukan di friser untuk penyimpanan jangka panjang sampai enam bulan lebih. Bila persediaan di dalam chiller habis, keluarkan satu kantong saja dari friser, transfer ke wadah baru yang bersih, kering dan bisa ditutup rapat, untuk disimpan di chiller.

Demikian Tips bumbu giling kali ini, semoga bermanfaat :)). 
Sebagai seorang calon bidan, saya menginginkan hidup sehat bagi ibu, anak, dan seluruh keluarga indonesia dapat tercapai hingga mendekati angka kesempurnaan :)

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar